Peran lulusan Teknik Informatika bagi masyarakat

No comments
Di era globalisasi ini, teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat.
Seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, penyebaran informasi pun menjadi lebih mudah dan lebih efisien. Hal ini memberikan manfaat yang besar pada masyarakat dalam penyebaran informasi di era globalisasi. Dan tentunya dibalik perkembangan teknologi tersebut, terdapat orang-orang hebat yang memegang peranan penting dalam perkembangan teknologi tersebut. Dan salah satunya adalah lulusan Teknik Informatika. Kenapa lulusan Teknik Informatika memegang peranan penting dalam hal ini?
Teknologi informasi memerlukan dukungan teknologi komunikasi dalam hal penyebaran informasi ke seluruh penjuru dunia. Dalam hal penyebaran informasi, teknologi komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk mendukung penyebaran informasi tersebut. Tanpa adanya teknologi komunikasi, penyebaran informasi akan sulit untuk dilakukan. Dan pada akhirnya, penyebaran informasi memerlukan waktu yang lebih lama dari biasanya untuk sampai kepada masyarakat di seluruh penjuru dunia.
Dalam membangun, mengembangkan dan memelihara teknologi komunikasi, diperlukan sumber daya manusia yang mampu memahami tentang teknologi komunikasi, orang-orang yang mampu memahami bagaimana cara kerja teknologi komunikasi dan tentunya bagaimana cara menjaga agar system komunikasi tetap stabil atau berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan. Dan salah satunya adalah lulusan-lulusan teknik informatika.
Lulusan teknik informatika merupakan orang-orang yang diajarkan untuk mempelajari dan memahami bagaimana penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi yang dapat meliputi transformasi data dengan memanfaatkan teknologi komputer. Kemampuan yang akan dimiliki oleh seorang lulusan informatika adalah kemampuan untuk berpikir logis dan terstruktur.
Dengan berbagai kemampuan yang dimiliki seorang lulusan teknik informatika,mereka memiliki peluang kerja yang behubungan dengan teknologi komunikasi, seperti Database Administrator, Data Communication Assisten Manager, Data Entry Supervisor, dll.
Teknologi komunikasi sangat membutuhkan lulusan teknik informatika untuk bekerja dalam hal menjalankan, mengembangkan dan menjaga sistem komunikasi agar penyebaran informasi dapat disebarkan dan diterima masyarakat dengan mudah dan efisien.
Kesimpulannya, lulusan teknik informatika memegang peranan penting bagi masyarakat, salah satunya dengan cara membangun, mengembangkan dan menjaga sistem komunikasi agar penyebaran informasi dapat dengan mudah dilakukan dan dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat.
Karena jika sistem komunikasi tidak dapat bekerja dengan baik, maka penyebaran informasi akan terganggu dan akan sangat berdampak pada masyarakat.

No comments :