Analisis dan Perancangan Sistem 1

No comments
Pada postingan saya kali ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang Sistem, software, aplikasi dan beberapa hal yg berkaitan dengan hal tersebut.
Baiklah, yang pertama adalah Sistem.

System merupakan sekumpulan komponen yang terorganisir dan saling berinteraksi yang dibuat, atau dibangun untuk mencapai tujuan tertentu.
Kata “sistem” banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

Selanjutnya, ada Software.

Software adalah perangkat lunak yang bekerja pada suatu sistem untuk mengolah berbagai data dalam bentuk digital yang kemudian memprosesnya sebelum di kirimkan ke perangkat yang lain. Software juga mengacu pada suatu program atau berbagai data yang tersimpan di komputer. Hal tersebut dapat didefinisikan sebagai seperangkat program, prosedur dan algoritma yang penggunaannya berkaitan erat dengan sistem pengolahan data.
Hal ini untuk menciptakan sebuah GUI (Graphic User Interface) atau tampilan antar muka dimana pengguna dapat berinteraksi dengan hardware atau perangka keras, seperti Keyboard, Mouse, Printer dan lain sebagainya serta berbagai aplikasi lain di dalamnya. Software sendiri dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu perangkat lunak tertulis, perangkat lunak suatu aplikasi dan juga perangkat lunak ber-platform contohnya seperti OS (Operating System) atau sistem operasi Windows, Linux dan lain sebagainya. Software berfungsi untuk mengolah suatu perintah yang dikehendaki oleh penggunanya yang bersifat menyeluruh dalam suatu sistem komputer.
jadi bisa dikatakan, Software merupakan sebuah program yang wajib dimiliki dalam sebuah komputer. Tanpa adanya software, maka seluruh sistem tidak akan berfungsi. Biasanya, software memiliki ukuran file yang sangat besar, mulai ratusan MB (MegaByte) bahkan hingga sampai beberapa GB (GigaByte). Sedangkan untuk proses installasinya membutuhkan waktu yang lumayan lama serta sedikit ribet. Dan untuk harganya, software dijual relatif lebih mahal dibandingkan dengan aplikasi.

Sementara aplikasi atau sekarang juga biasa dikenal sebagai Apps merupakan bagian dari sebuah software. Aplikasi dirancang lebih spesifik dan berinteraksi langsung dengan suatu pekerjaan penggunanya. Serta aplikasi bisa hanya diciptakan secara khusus untuk sistem operasi tertentu maupun juga untuk semua sistem operasi atau biasa disebut dengan Cross-Platform. Aplikasi sendiri berfungsi membantu memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas di komputer. Misalnya saja, kamu bekerja di bagian desain grafis maka kamu pasti akan membutuhkan sebuah aplikasi pengolah grafis Seperti CorelDRAW, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan lain sebagainya.
Jadi, aplikasi tidak diharuskan atau diwajibkan ada dalam sebuah komputer, mengingat fungsinya hanya untuk membantu suatu pekerjaan saja. Biasanya aplikasi memiliki ukuran file yang relatif lebih kecil, hanya beberapa MB saja. Sedangkan untuk proses installasinya, membutuhkan waktu yang relatif singkat dan cepat. Dan untuk harganya, aplikasi dijual lebih murah dibandingkan dengan software.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara software dan aplikasi terletak di bagaimana fungsinya, cara installasi, ukuran file, harganya dan biasanya aplikasi berhubungan langsung dengan end user atau pengguna. Atau bisa dikatakan juga software belum tentu aplikasi, tetapi aplikasi sudah pasti software.

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan suatu pengolahan.
Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

Informasi adalah hasil pengolahan data yang telah mempunyai arti sehingga dapat digunakan khususnya oleh manajemen dalam membuat keputusan.
Informasi juga biasanya harus memiliki makna, berguna bagi yang menerima, bersifat baru.

Pembagian sistem berdasarkan jenis:

- Karakteristik System: Sistem yang mempunyai komponen-komponen, batas sistem, lingkungan sistem, penghubung, masukan, keluaran, pengolah dan sasaran.
- Klasifikasi System: Sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dan komponen lain karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi di dalam sistem tersebut.
Oleh karena itu sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, seperti contoh sistem yang bersifat abstrak, sistem alamiah, sistem yang bersifat deterministik, dan sistem yang terbuka dan tertutup.

1. Sistem abstrak dan sistem fisik


Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, misalnya sistem teologia, yaitu suatu sistem yang berupa pemikiran tentang hubungan antara manusia dengan tuhan. Sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik, seperti sistem komputer, sistem produksi, sistem penjualan, sistem administrasi personalia, dan lain sebagainya.

Contoh Sistem Abstrak- Hubungan manusia dengan tuhan
Contoh Sistem Fisik – sistem perbangkan
2. Sistem alamiah dan sistem buatan manusia


Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia, misalnya sistem perputaran bumi, terjadinya siang dan malam, dan pergantian musim. Sedangkan sistem buatan manusia merupakan sistem yang melibatkan hubungan manusia dengan mesin, yang disebut dengan human machine system. Sistem informasi yang berbasis komputer merupakan contohnya, karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.

Contoh Sistem Alamiah – sistem tata surya

Contoh Sistem Buatan Manusia – sistem ATM

- Sistem Probabilistik (probabilistic system): sistem yang tak dapat diramal dengan pasti karena mengandung unsur probabilitas, misalnya sistem arisan dan sistem sediaan, kebutuhan rata-rata dan waktu untuk memulihkan jumlah sediaan dapat ditentukan tetapi nilai yang tepat sesaat tidak dapat ditentukan dengan pasti.
- Sistem Artificial: Sistem yang meniru kejadian dalam alam. Sistem ini dibentuk berdasarkan kejadian di alam di mana manusia tidak mampu melakukannya. Dengan kata lain tiruan yang ada di alam.

Contoh :
Sistem AI, yaitu program komputer yang mampu membuat computer seolah-olah berpikir.
Sistem robotika.
Jaringan neutral network.

No comments :