Resume Teknologi Informasi

No comments


TEKNOLOGI INFORMASI

    A. Teknologi Informasi
    1. Pengertian
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information
technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

2   .  Tujuan
Tujuan dengan adanya suatu teknologi informasi didalam kehidupan, khususnya kehidupan modern seperti sekarang yaitu untuk menyelesaikan segala masalah. mempermudah seseorang mempelajari lebih dalam tentang teknologi informasi, contohnya dalam pembuatan program, aplikasi, hardware, software, dan lain sebagainya.

3   . Fungsi
Fungsi adanya teknologi informasi dalam memecahkan suatu masalah didalam kehidupan
yaitu untuk mengolah, menghasilkan, menyimpan, mengambil, serta melakukan transmisi terhadap masalah yang dihadapi, sehingga akan menjadi lebih mudah dengan melalui komputerisasi.

     B. Komponen Teknologi Informasi

Komponen utama dari teknologi informasi dapat dibagi menjadi tiga macam:

1   .     Hardware
adalah istilah semua bagian fisik komputer, atau yang bisa kita sentuh, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
2   . Software
adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer. dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.
3   .     Brainware
adalah Istilah yang digunakan untuk manusia, pencipta, atau pengguna komputer atau yg berhubungan dengan komputer.

     C.    Penerapan Teknologi Informasi diberbagai bidang
     
1    .      Bidang Perbankan
Contohnya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahan buku, pembayaran tagihan, dan informasi rekening bisa dilakukan secara online dan mempercepat transaksi keuangan nasabah.
2    .      Bidang Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Contohnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
3.      Bidang Bisnis
TIK juga bermanfaat dalam bidang bisnis, sudah banyak yang sukses karena teknologi informasi dan komunikasi. Contohnya Bill Gates (pendiri Microsoft) atau Mark Zuckerberg (pencipta jejaring sosial seperti Facebook), mereka adalah salah satu contoh orang yang sukses karena memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Sekarang bisnis menggunakan TIK itu sangat menguntungkan, hanya dengan menggunakan teknologi seperti internet, anda dapat mempromosikan bisnis anda secara online (E-commerce) dengan cakupan dunia.
4    .      Bidang Pendidikan
Cepatnya akses informasi saat ini seperti akses internet membuat cakupan ilmu pendidikan menjadi luas, dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sering dijumpai dalam bentuk audio, video, dan lain sebagainya.
Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya :
a.)Presentasi :
Pembelajaran bisa dilakukan melalui presentasi sehingga dapat menarik perhatian pelajar untuk lebih memahami materi yang disampaikan dengan baik.
b.)Cakupan Ilmu yang dipelajari semakin luas :
Adanya internet sehingga informasi mengenai ilmu sangat luas di segala bidang keilmuan tidak hanya terbatas di buku pelajaran, di mulai dari MIPA, Olahraga, kesenian dan ilmu-ilmu lainnya.
c.)Kelas Virtual :
Adanya internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
5    .      Bidang Kesehatan
Penggunaan obat yang tepat terhadap pasien merupakan salah satu kunci keberhasilan pengobatan, baik untuk pasien yang mendapat obat berdasarkan resep dokter maupun pengobatan mandiri (swa-medikasi). Satu macam obat memiliki atribut yang sangat kompleks mengakibatkan para pengguna obat merasa kesulitan untuk mendapatkan informasi obat terkini secara cepat dan akurat. Berbagai upaya telah dilakukan di dunia informatika medis dalam mendukung pemenuhan informasi obat.
Perkembangan teknologi di bidang kesehatan berimplikasi pada perkembangan jenis penyakit dan banyaknya macam dan jenis obat. Ketersediaan informasi obat yang akurat, benar dan up to date merupakan kebutuhan bagi penyedia layanan kesehatan maupun pasien dan masyarakat.



Can't Copy Paste?

No comments :